Fawaid Hidayatullah

eNjOY YOuR FRee LiFe


M+A+S+A+L+A+H.......

''Apabila Tuhan ingin menghadiahkan sesuatu yang berharga, bagaimanakah Ia memberikannya kepada Anda? Apakah Ia menyampaikan dalam bentuk suatu kiriman yang indah dalam nampan perak? , Tidak!! Sebaliknya Tuhan membungkusnya dalam suatu masalah yang rumit, lalu melihat dari jauh apakah Anda sanggup membuka bungkusan yang ruwet itu, dan menemukan isinya yang sangat berharga, bagaikan sebutir mutiara yang mahal harganya yang tersembunyi dalam kulit kerang.'' Norman V Peale (" You Can If You Think You Can")


Tidak bisa di pungkiri, kita hidup di dunia ini tentunya banyak sekali bertemu bahkan bergulat dengan yang namanya masalah. manusia mana yang seumur hidupnya belum bercengkrama dengan -yang namanya- masalah. dan setiap kita pun tidak bisa menolak untuk tidak mendapatkan masalah. cuman yang menjadi pertanyaan dan harus di garis bawahi, yaitu bagaimanakah kita menyikapi masalah2 tersebut?? apakah kita diam saja,?? atau kita berlarut-larut dalam kesedihan??? sehingga kita cuman bisa termenung dalam kesedihan, ataupun begitu masalah datang menyapa kita kita cuek bebek???.



Sering kita dengar kejadian2 di koran2, tv, dan di radio. hanya karena belum bisa melunasi spp anaknya , seorang bapak mencoba untuk bunuh diri. ataupun ada seorang gadis belia yang nekat gantung diri, hanya karena cintanya ditolak sama kekasihnya. kejadian2 ditas sudah nggak asing lagi bagi kita.dan dari kejadian2 diatas, setidaknya menjadi i'tibar bagi kita semua, apakah dengan gantung diri, mereka bisa lepas dari masalah?? tidak.!! malah mereka menambah masalah.bukan meyelesaikan masalah.

Mungkin kita bisa lepas dari suatu masalah, tetapi tidak menutup kemungkinan kita bisa lepas dari masalah berikutnya. bermacam masalah datang kepada kita, walaupun kita tidak mengundangnya, ia datang begitu saja, mengapa?? karena hidup ini memang tak lepas dari -yang namanya- masalah, cobaan dan ujian. Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Baqarah, ayat, 155. [ Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan , kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar ].

A'a Gym mengatakan dalam bukunya yang berjudul "manajemen Qolbu". biang kesusahan itu bukan terletak semata2 pada masalah yang di hadapi, melainkan terletak pada sikap kita dalam menghadapi masalah tersebut. jadi peran penting dalam menghadapi segala macam persoalan/masalah yaitu terletak kepada sikap kita. dalam mengambil keputusan tentunya kita harus adil, dalam artian kita harus memberikan porsi yang sesuai dalam menyelesaikan masalah. tanpa kita sadari, kadang-kadang ketika kita mendapat suatu masalah -bisa dikatakan- sepele, tiba-tiba menjadi masalah yang sangat besar, hal ini disebabkan kita terlalu berlebihan dalam memberikan porsi terhadap masalah tersebut. sehingga kita berlarut-larut dalam masalah yang kita hadapi. oleh karena itu dalam menghadapi persoalan/masalah apapun, baik itu masalah yang sangat sepele, maupun yang besar kita tidak boleh hanyut apalagi tenggelam dalam pikiran yang salah. kita harus tenang menguasai diri serta merenungkan janji dan pertolongan-Nya. sebagaimana Allah Swt berfirman dalam surat al-Insyirah, [ Sesungguhnya sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Dan sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan ].

kita harus meyakini bahwa salah satu sifat yang dikaruniakan oleh Allah Swt. kepada manusia yaitu sifat keluh kesal. hal ini disinyalir oleh Allah Swt. dalam surat al-Maarij, ayat 19-20. [ Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesal lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesal].

Namun bukan berarti setiap kita mendapatkan masalah kita berkeluh kesal , atau menyerah begitu saja, tidak !! serahkan semua masalah ke padaNya. kita mengaduh kepadaNya, kita kembalikan kepadaNya. Bukankah masalah itu datangnya dari Allah Swt.???.

Dan ingatlah hanya dengan mengingat Allah Swt. hati kita akan menjadi tenteram....masihkah kita bersedih ????
swessry, 7 oktober 2006 M.

0 Responses to “M+A+S+A+L+A+H.......”

Posting Komentar



© 2006 Fawaid Hidayatullah | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health